PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Alif Rizky Nurmawan Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Edy Sulistiyo . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran teams-games-tournaments terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio. Penelitian ini termasuk jenis penelitian experimental, dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dan desain grup the nonequivalent control group design. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments. Tes dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah perlakuan (post-test). Pre-test berfungsi untuk mengukur seberapa besar kemampuan awal sampel dan post-test berfungsi untuk mengukur hasil belajar sampel setelah diberikan perlakuan. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki presentase rata-rata sebesar 82,81%. Dari hasil validasi Buku Ajar dikategorikan baik dengan presentase rata-rata sebesar 81,28%. Dan dari hasil validasi butir soal dikategorikan baik dengan presentase sebesar 84,1%. (2) Dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 3,923 dan nilai ttabel 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen X AV-3 (metode TGT) 79,9 dan kelas kontrol X AV-2 (MPL) 70,57. (3) Kemudian dari hasil analisis pada angket siswa didapat rata-rata hasil presentase sebesar 88,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran konvensional, teams-games-tournaments, memahami sifat dasar sinyal audio

 

 

Abstract.

The purpose of this research is to know effect of cooperative learning models type teams-games-tournaments against student results on standar of competence understanding basic audio signal. This study included of experimental study. Design which used in this study is Quasi Experimental Design and group design The Nonequivalent Control Group Design. Samples are grouped into two classes, control class and experimental class. Control class are treated using conventional learning models, while the experimental class are treated using a model of cooperative learning teams-games-tournaments. Tests were performed before (pre-test) and after treatment (post-test). Pre-test is used to measure how much initial ability and post-test is used to measure the learning outcomes given sample after treatment. From the results of research obtained that is: (1) Learning implementation plan developed of researchers has an average percentage of 82,81%. From the results of the validation text book categorized either of the average percentage of 81,28%. And from the results of the validation item questions categorized either of the average percentage of 84,1%. (2) From the results of students learning obtained tcount of 3,923 and ttables of 1,67 on significant value α = 0,05. From the results obtained that tcount > ttables, it can be concluded that student results which use cooperative learning model type teams-games-tournaments significantly higher than student results which use conventional learning models. (3) Then, from the analysis of the student questionnaire results obtained average percentage of 88.7%. Thus, it can be concluded that the students had a very good response to cooperative learning model type teams-games-tournaments.

Keywords: cooperative learning model, conventional learning models, teams-games-tournaments, understanding the basic of audio signal

Author Biographies

Alif Rizky Nurmawan, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Edy Sulistiyo ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-09-01
How to Cite
Nurmawan, A., & ., E. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 20