PENGEMBANGAN MEDIA INTERNET (BLOG GURU) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 3 SURABAYA

  • . Farid wildani jurusan teknik elektro FT unesa
  • IGP. Asto B Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media blog guru sebagai sumber belajar dan media pembelajaran pada standar kompetensi memperbaiki cd player di SMKN 3 Surabaya, (2) Mengetahui pengaruh dari penggunaan media blog guru terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi memperbaiki cd player.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau Metode Penelitian dan Pengembangan. Metode R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut, dengan rancangan penelitian atau desain eksperimen yang digunakan yaitu “Static Group Comparison”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV SMKN 3 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan cara membandingkan nilai akhir hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol . Kelas XI TAV-2 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV-3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui  hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol digunakan teknik analisis data uji-t satu pihak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Blog Guru  sebagai sumber belajar dan media pembelajaran mendapatkan hasil rating rata-rata sebesar 82%, sehingga media blog guru dikategorikan layak; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media blog guru terdapat perbedaan secara signifikan. Dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai post-test yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 19,341. Dengan nilai ttabel 1,64 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga disimpulkan tolak H0dan menerima H1, dapat diartikan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan blog guru lebih tinggi dari pada yang menggunakan buku ajar, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 87,46 dengan standar deviasi 5,96 (eksperimen) dan 45,43 dengan standar deviasi 9,7 (kontrol). Jadi hasil belajar siswa menggunakan media blog guru lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan buku ajar.

 

Kata kunci: Internet, Blog Guru, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

This research is obtain to: (1) To know the feasibility of teacher’s blog as learning resource and learning media for repairing CD player standard competence at SMKN 3 Surabaya, (2) To know the influence of teacher’s blog media application for learning result of repairing CD player standard competence.

The research method that is used is Research and Development (R&D). R&D method is a research method that is used to produce a specific product, and to test the effectiveness of such product, with design research or experiment design that is applied is “Static Group Comparison” The population of this research is students of TAV XI grade SMKN 3 Surabaya. the sample data are taken two classes with comparing the final learning result of experiment class and control class. XI TAV-2 is as experiment class and XI TAV -3 as control class. Whereas, to understand the learning result of experiment class is higher than control class, so the technique of analyzing data used one tail T-test.

The research results indicate that: (1) Teacher’s blog media is as the learning resource and learning media that find out the mean result about 82%, so the teacher’s blog media is applicable. (2) The learning result of students that used teacher’s blog contain the significantly differents. Evidenced by the results of post-test that showed tcount of 19,341. With a value of ttable 1,64 on a significant level α = 0,05. From the results can be found that  value of tcount > ttable, it can be concluded that reject H0 and accept H1, it can be concluded that  student’s learning result that used teacher’s blog is better than used textbook, with a mean of study result as 87,46 with standart deviation as 5,96 (experiment) and 45,43 with standart deviation as 9,7 (control), Therefore, the learning results using teacher’s blog is better than the learning result using textbook.

 

 

 

 

Keywords : Internet, teacher’s blog, learning resource, learning media, student’s learning result.

Author Biographies

. Farid wildani, jurusan teknik elektro FT unesa
Jurusan teknik elektro ft unesa
IGP. Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
How to Cite
wildani, ., & B, I. (1). PENGEMBANGAN MEDIA INTERNET (BLOG GURU) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 0