PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 PUNGGING MOJOKERTO

  • Mastna Achsani Taqwim Universitas Negeri Surabaya
  • Subuh Isnur Haryudo Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Joko - Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto, diperoleh beberapa kendala di antaranya kurang berkembangnya kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model Research and Development (R&D). Berdasarkan dari penilaian yang telah dilakukan, perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah layak digunakan untuk pelajaran instalasi penerangan listrik SMK kelas XI TITL. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid atau sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 86.35%, yang diperoleh dari hasil persentase silabus 86,16%, rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 83,54%, lembar kerja siswa sebesar 84,54%, dan bahan ajar siswa sebesar 83,33%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, diperoleh persentase sebesar 86.88% dengan kategori sangat praktis, angket respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 78.43% dengan kategori praktis, hasil belajar ranah afektif dengan persentase 85,27%, ketercapaian ranah kognitif dengan persentase 82,69%, dan ketercapaian ranah psikomotor didapat persentase 80,44% dengan kategori sangat baik apabila ditinjau dari masing-masing ranah. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian yang telah dilakukan menghasilkan perangkat pembelajaran sangat layak meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Published
2022-01-04
Abstract View: 53
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 49