MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DENGAN STRATEGI BEACH BALL PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK KELAS XII SMKN 5 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvesional pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi Beach Ball, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif
Metode yang digunakan adalah jenis dari penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 tahapan yaitu: tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahap analisis dan pelaporan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja).
Hasil penelitian menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi Beach Ball dalam kategori baik dengan nilai masing-masing: validasi modul 0,73, validasi RPP 0,73, serta LKS 0,73. Respon siswa terhadap proses Pembelajaran Diskusi Kelas dengan strategi Beach Ball dengan hasil rating 85,17%. Rata-rata Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol 63,29. Sedangkan hasil uji t didapat nilai thitung 10,55 dan untuk ttabel 2,01pada taraf signifikan 5% (0,05). Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan perangkat yang dikembangkan mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : model pembelajaran diskusi kelas, strategi beach ball, hasil belajar.
Abstract
Background of this research is still the use of conventional learning models in institute education. In the conventional learning model, students are required to master the material is less active so that have an in with the result learn the student. At development of the learning models class discussion with beach ball strategic, expected can improve the result learn the student and student can learn actively.
This research is the development of research methods Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. In this research, there are 10 steps such as: problem analysis phase, data gathering phase, stage design, stage design validation, revision stage design, stage of product testing, product revision, testing of usage, the revised product, mass production. Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahap analisa dan pelaporan hal ini dikarenakan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja). But in this study was only conducted until the seven stages and finishes with analysis and reporting phase of this is due not produced in large scale (scope limited to one school only).
The tests show that the development of the learning models class discussion with beach ball strategic is declared good category with the results of modul validation 0,73, rpp validation 0,73, lks validation 0,73 rating and students response to development of the learning models class discussion with beach ball strategic otherwise good learning model with the rating of 85,17%. The average results of student learning in the classroom experiment at 79,70 and the average value of the control class at 63,29. While the result t test 10,550 and t tables 2,01 at the significant level of 5% (0.05). Based on the above results, it can be concluded that the class that uses the development of the learning models , has the value of learning a higher learning results than the class using conventional learning models.
Keywords: learning model class discussion, beach ball strategic, learning outcomes.
PDF Downloads: 105