PENGEMBANGAN TRAINER ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN

  • Muhammad Hanif Hibatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini berpengaruh besar bagi dunia pendidikan, campur tangan teknologi sangat membantu dalam proses pembelajaran, khususnya dalam dunia Pendidikan Vokasi yang berkonsentrasi pada bidang keahlian Teknik Elektronika Industri. Peran penggunaan media pembelajaran yang dipilih sangat mempengaruhi kemudahan siswa dalam menangkap ilmu. Dari hasil observasi yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tambelangan pada program keahlian Teknik Elektronika Industri, ditemukan sebuah kekurangan belum tersedianya media pembelajaran berupa trainer robot line follower analog. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menciptakan sebuah trainer dan modul ajar robot line follower analog yang layak digunakan. Tingkat kelayakan ini ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan trainer dan modul ajar robot line follower analog. Kepraktisan trainer dan modul ajar ditinjau dari respon peserta didik, serta keefektifan trainer dan modul ajar ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Berpegangan pada metode penelitian Research and Development dan metode penelitian desain uji coba perangkat one shot-case study pada siswa kelas 12 program keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK Negeri 1 Tambelangan sejumlah 20 siswa. Trainer dan modul ajar serta instrument penilaian ketiganya dinyatakan sangat valid dengan perolehan nilai masing-masing 93.3% untuk trainer, 83.78% untuk modul ajar, serta 95% untuk instrument penilaian. Sedangkan aspek kepraktisan trainer dan modul ajar dinyatakan sangat praktis dengan diperolehnya nilai 90.77%. Kemudian keefektifan diperoleh nilai rata-rata 82,8 dengan nilai Sig2 (2-tailed) sebesar 0,000, analisa uji-t mendapatkan nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” sebesar 11,470 sedangkan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ bernilai 2,093, maka ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yang artinya HO ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Trainer Robot Line Follower Analog pada mata pelajaran Sistem Pengendali Robotik di kelas XII TEI SMKN 1 Tambelangan dinyatakan layak digunakan dan mampu menunjang hasil belajar peserta didik.

Published
2022-06-16
How to Cite
Hibatullah, M., Zuhrie, M., Sulistiyo, E., & Anifah, L. (2022). PENGEMBANGAN TRAINER ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 305-313. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p305-313
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 249