STUDI META ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

  • Aliffatul Yuniarahman Universitas Negeri Surabaya
  • Munoto Munoto Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran yang paling sesuai untuk siswa dapat ditentukan dengan penelitian yang menjelaskan mengenai keefektifan berbagai media pembelajaran. Perbedaan karakteristik setiap media pembelajaran menjadi salah satu latar belakang dalam menentukan media pembelajaran yang paling sesuai dengan metode penelitian meta-analisis. Penelitian meta-analisis media pembelajaran yang bertujuan sebagai berikut: (1) mengungkap efektivitas media pembelajaran terhadap kompetensi siswa SMK program keahlian teknik instalasi tenaga listrik, dan (2) mengungkap pengaruh media pembelajaran terhadap kompetensi siswa SMK program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa sembilan media pembelajaran memiliki nilai effect size besar dan satu media pembelajaran memiliki nilai effect size kecil. Media pembelajaran Augmented Reality (AR) memiliki nilai effect size terbesar yaitu 11,35 dan media pembelajaran Role Playing Game (RPG) memiliki nilai effect size terkecil yaitu 0,20. Hasil keseluruhan pada penelitian ini memiliki rata-rata effect size sebesar 4,87 dengan ketegori effect size besar.

Published
2022-06-16
How to Cite
Yuniarahman, A., Munoto, M., Basuki, I., & Rijanto, T. (2022). STUDI META ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 315-324. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p315-324
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 135