PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Rofif Nursofi Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang di era zaman modern erat kaitannya dengan bidang pendidikan. Salah satu sarana yang mendukung pembelajaran dengan pemanfaatan internet. Maka dari itu, seharusnya guru mampu menerapkan metode pembelajaran yang berbeda untuk membangkitkan minat siswa agar tidak bosan mengikuti proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat apakah ada peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui tanggapan siswa mengenai metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi edmodo, dan mendiskripsikan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah penerapan metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-experimental design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dilihat dari rata-rata hasil belajar sebelum adanya penerapan pretestsebesar 60 dengan sesudah adanya penerapan posttest sebesar 79, tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi edmodo memperoleh skor sebesar 82% masuk kategori sangat tinggi, dan sesuai hasil perhitungan software SPSS 25 didapat nilai siginifikan 0,000 < 0,05. Dilihat dari perbandingan nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 22,059 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,045. Jadi dapat dinyatakan penerimaan pada H1 maknanya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum menerapkan metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi edmodo dengan sesudah menerapkan metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi edmodo secara signifikan.

Published
2022-06-28
Abstract View: 19
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 8