PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Fiki Ardiansah Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam pendidikan, pandemi covid-19 juga menaruh pengaruh yang luar biasa. Penerapan kebijakan ini akan memungkinkan guru dan siswa untuk beradaptasi dengan mengubah kelas tatap muka menjadi pembelajaran online. Aplikasi pendukung pembelajaran daring yang biasa digunakan adalah google classroom. Penelitian ini berguna untuk: (1) Untuk melihat hasil belajar siswa sesudah penerapan software proteus 8 professional, (2) Untuk mengetahui respon siswa X TAV 3 mengenai google classroom, (3) Untuk mendiskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan. google classroom dan pembelajaran langsung. Metode penelitian memakai quasi experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TAV. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample test. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa X TAV 3 sesudah adanya penerapan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85 dan sebelum adanya penerapan mendapatkan nilai rerata sejumlah 62. Mengacu hasil tesebut menyimpulkan bahwa nilai hasil belajar mengalami peningkatan hasil belajar, (2) Respon dari siswa mengenai google classroom menghasilkan skor sebesar 82.5%, (3) Menurut perhitungan SPSS terdapat nilai t sejumlah 5.524 dan nilai signifikansinya 0,000. Nilai signifikansinya 0,000 kurang dari 5% oleh karena itu menyimpulkan penerimaan pada h₁ artinya ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan google classroom dan pembelajaran langsung. Nilai thitung sebesar 5.524 lebih besar dari ttabel 1.672 oleh karena itu dapat disimpulkan penerimaan pada h₁ artinaya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan google classroom dan pembelajaran langsung.

Published
2022-06-28
How to Cite
Ardiansah, F., Harimurti, R., Sulistiyo, E., & Rusimamto, P. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(03), 419-428. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p419-428
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 105