KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p439-447Keywords:
pembelajaran, keefektifan, kepraktisan, androidAbstract
Belajar mengajar sebagai proses komunikasi, dimana penyampaian pesan dari tenaga pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Kesuksesan dalam bidang pendidikan menjadi poin utama pendidikan diera saat ini. Untuk membantu proses belajar siswa serta pengajar diperlukan adanya media pembejaran, yang mencakup pengalaman yang lebih real, menarik, dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membangkitan dunia teori beserta realitanya. Penelitian ini bermaksud mengetahui kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran (MAPEL) instalasi tenaga listrik (ITL) pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas XI. Android meerupakan sistem oprerasi yang marak dipakai pada smartphone telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Akan tetapi, kemajuan perangkat android sangat luar yang didukung banyak. Pendekatan penelitian yang dilakukan berupa pendekatan penelitian studi literatur dimana pada pelaksanaannya, penulis melakukan kajian terhadap data hasil penelitian yang berhubungan dengan kepraktisan serta keefektifan pembelajaran memanfatkan android dalam MAPEL ITL, pada rentang waktu 2016-2019. Nilai persentase rata-rata yang diperoleh dari studi literatur pada keefektifan pembelajaran berbasis android di MAPEL ITL berbasis android sebesar 80.03%. Apabila ditinjau dari sisi kepraktisan, persentase nilai rata-rata yang diperoleh pada studi literatur tingkat kepraktisan pembelajaran berbasis android di MAPEL ITL sebesar 77.13%.