PENGEMBANGAN TRAINER PALANG PERLINTASAN KERETA API DAN PELICAN CROSSING BERBASIS ARDUINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI TAV DI SMKN 2 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p471-478Keywords:
Media pembelajaran, ADDIE, Trainer, JobsheetAbstract
Media pembelajaran yang inovatif dan kreatif bermanfaat sebagai sumber informasi, mampu merangsang perhatian, pikiran, kinerja motorik,kemauan, perasaan, serta minat belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil dari observasi lapangan di SMKN 2 Surabaya didapatkan hasil selama proses pembelajaran pada mapel PMM media yang digunakan masih terbatas, hanya menggunakan Arduino uno yang dirangkai menggunakan papan project board, selain itu I/O yang digunakan juga terbatas. Penelitian ini memiliki tiga tujuan antaralain; (1)Mengetahui Kelayakan Jobsheet dan Trainer sebagai media pembelajaran (2) mengetahui respon pesrta didik (3) mengetahui hasil belajar peserta dididk setelah menggunakan Trainer dan Jobsheet. Dasar pengembangan penelitian ini adalah dari pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Design penelitian yang digunakan adalah One Shot case study. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan Trainer sebesar 90,17%, sedangkan untuk tingkat kelayakan jobsheet sebesar 93,05%. Sehingga dikategorikan Sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil respon siswa yang diperoleh dari angket respon siswa memperoleh rerata presentase sebesar 93,51%. Hasil belajar peserta didik dilihat dari Uji One sample test memperoleh nilai T hitung sebesar 6,677. Dengan demikian hasil Thitung = 6,677 > Ttabel = 2,045. Hal ini menunjukan bahwa nilai hasil belajar peserta didik diatas KKM(75).