STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Aliffia Siski Rohana Universitas Negeri Surabaya
  • L. Endah Cahya Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Lusia Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Yuli Sutoto Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga pendidikan yang berfokus mendidik siswa supaya memiliki tingkat keahlian yang dapat diakui di dalam dunia kerja/industri. Augmented Reality merupakan teknologi terkini dengan beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkap validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis AR di SMK. (2) Untuk mengungkap validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis AR pada kelompok mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik literatur review. Dari hasil penelitian studi literatur yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis AR memiliki rata-rata validitas sebesar 87,18% dengan kategori sangat valid. Begitupun efektivitasnya dengan rata-rata sebesar 85,94% dengan kategori sangat efektif. 2) Media pembelajaran berbasis AR di SMK lebih valid untuk diterapkan pada kelompok mata pelajaran produktif dengan persentase 90,18%, kemudian normatif dengan persentase 88,29% dan terakhir adaptif dengan persentase 83,07%. Media pembelajaran berbasis AR di lebih efektif untuk diterapkan pada kelompok mata pelajaran mata normatif dengan persentase 88,16%, kemudian produktif dengan persentase 85,96% dan terakhir adaptif dengan persentase 83,69%. Indikator yang menentukan validitas media pembelajaran adalah kesesuaian media dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, sesuai kebutuhan siswa dan kebermanfaatan. Indikator yang menentukan efektivitas media pembelajaran adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa, respon siswa dan pengelolaan pembelajaran.

Published
2022-07-06
How to Cite
Rohana, A., Ningrum, L. E., Rakhmawati, L., & Nugroho, Y. (2022). STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(03), 479-490. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p479-490
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 432