PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOFTWARE SIMURELAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM KONTROL ELEKTROMEKANIK DAN ELEKTRONIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh perbedaan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media software simurelay dan training-kit dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media PPT dan training-kit: Metode penelitian adalah quasi experimental dengan menggunakan non-equivalent control group desain. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data hasil post-test berdasarkan hasil uji-t dengan bantuan software SPSS (Statistical Package For Social Sciences) didapatkan nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ sebesar 4,37, dan nilai ๐ก๐ก๐๐๐๐ = ๐ก (1โ ๐ผ 2 ) = ๐ก(1โ0,025) = ๐ก(0,975) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 โ 2 = 36 + 35 โ 2 = 69 sebesar 2,00 (uji 2 pihak), maka nilai 4,37 โฅ 2,00 (๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ โฅ ๐ก๐ก๐๐๐๐) memperoleh hasil bahwa ditolak ๐ป0 dan diterima ๐ป1. Berdasarkan nilai signifikansi (sig.(2-tailed)) didapatkan nilai sebesar 0,00 dan nilai signifikan yang ditentukan sebesar 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05 (nilai signifikansi < 0,05) memperoleh hasil bahwa ditolak ๐ป0 dan diterima ๐ป1. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media software simurelay dan training-kit dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media PPT dan training-kit.
PDF Downloads: 248