PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOFTWARE SIMURELAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM KONTROL ELEKTROMEKANIK DAN ELEKTRONIK

  • Edy Suryono Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh perbedaan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media software simurelay dan training-kit dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media PPT dan training-kit: Metode penelitian adalah quasi experimental dengan menggunakan non-equivalent control group desain. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data hasil post-test berdasarkan hasil uji-t dengan bantuan software SPSS (Statistical Package For Social Sciences) didapatkan nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” sebesar 4,37, dan nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = ๐‘ก (1โˆ’ ๐›ผ 2 ) = ๐‘ก(1โˆ’0,025) = ๐‘ก(0,975) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 โˆ’ 2 = 36 + 35 โ€“ 2 = 69 sebesar 2,00 (uji 2 pihak), maka nilai 4,37 โ‰ฅ 2,00 (๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” โ‰ฅ ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™) memperoleh hasil bahwa ditolak ๐ป0 dan diterima ๐ป1. Berdasarkan nilai signifikansi (sig.(2-tailed)) didapatkan nilai sebesar 0,00 dan nilai signifikan yang ditentukan sebesar 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05 (nilai signifikansi < 0,05) memperoleh hasil bahwa ditolak ๐ป0 dan diterima ๐ป1. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media software simurelay dan training-kit dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media PPT dan training-kit.

Published
2022-07-12
How to Cite
Suryono, E., Rijanto, T., Basuki, I., & Wrahatnolo, T. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOFTWARE SIMURELAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM KONTROL ELEKTROMEKANIK DAN ELEKTRONIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(03), 491-500. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p491-500
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 248