PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI (TOI) SMK SEMEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p11-20Keywords:
R&D, Media Pembelajaran, Articulate Storyline, InteraktifAbstract
Media pembelajaran interaktif adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan produk atau layanan multimedia yang diajarkan oleh guru kepada siswa berupa penyajian konten pembelajarannya seperti gambar, teks, animasi, audio, video, dan juga game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate story line pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X jurusan TOI layak atas dasar kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini diujikan pada 15 siswa kelas X TOI SMK Semen Gresik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa validasi media dan validasi butir soal untuk menguji kevalidan media, selanjutnya adalah penilaian keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh guru dan angket respon siswa untuk menguji kepraktisan media , selanjutnya adalah soal pre-test dan post-test untuk menguji keefektifan media. Dari penelitian ini diperoleh hasil dari validasi media dengan rerata sebesar 89.2% hasil yang sangat valid, hasil validasi butir soal dengan rerata sebesar 96% hasil yang sangat valid. Kepraktisan media dari keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh guru mendapatkan hasil rerata sebesar 95.2% hasil yang sangat Baik, untuk angket siswa mendapat hasil rerata sebesar 83% hasil yangsangat Baik. Keefektifan media untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai gain sebesar 0.8 dikategorikan sebagai kategori “tinggi” dan nilai dari t hitung 24.04 > t tabel 2.16. yang berarti treatment berupa media pembelajaran interaktif articulate storyline dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dasar listik dan elektronika berbasis articulate storyline layak untuk digunakan oleh guru sebagai pendamping dalam proses belajar mengajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

