PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI (TOI) SMK SEMEN GRESIK

  • Ammar Dhoifullah Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran interaktif adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan produk atau layanan multimedia yang diajarkan oleh guru kepada siswa berupa penyajian konten pembelajarannya seperti gambar, teks, animasi, audio, video, dan juga game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X jurusan TOI layak atas dasarckevalidan,1kepraktisan, dan keefektifan media1pembelajaran. Model penelitian yang digunakanspada1penelitian pengembangan ini adalah model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian1ini diujikan pada 15 siswa kelas X TOI SMK Semen Gresik. Instrumen pengumpulan1data dalam1penelitian ini adalah berupa validasi media1dan validasi butir soal untuk menguji kevalidan media, selanjutnya adalah penilaian keterlaksanaan pembelajaran1yang diisi oleh guru dan angket1respon siswa untuk menguji kepraktisan media , selanjutnya adalah soal pre-test1dan post-test1untuk menguji keefektifan media. Dari penelitian ini diperoleh hasil dari validasi media dengan rerata sebesar 89.2% hasil yang sangat valid, hasil validasi butir soal dengan rerata sebesar 96% hasil yang sangat valid. Kepraktisan media dari keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh guru mendapatkan hasil rerata sebesar 95.2% hasil yang sangat Baik, untuk angket siswa mendapat hasil rerata sebesar 83% hasil yang sangat Baik. Keefektifan media untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai gain sebesar 0.8 dikategorikan sebagai kategori “tinggi” dan nilai dari thitung 24.04 > ttabel 2.16. yang berarti treatment berupa media pembelajaran interaktif1articulateastoryline dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dasar listik dan elektronika berbasis articulate storyline layak untuk digunakan oleh guru sebagai pendamping1dalamaproses belajar mengajar.

Published
2022-07-14
How to Cite
Dhoifullah, A., Agung, A., Kholis, N., & Sumbawati, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI (TOI) SMK SEMEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 11-20. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p11-20
Section
Vol 12 No 01 (JPTE April 2023)
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 220