PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE SIMULATOR KONTROL MOTOR LISTRIK BERBASIS ANDROID, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 1 BANGIL

  • Arrahmad Dwi Budiarto Universitas Negeri Surabaya
  • Joko Joko Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Simurelay merupakan suatu aplikasi android yang dapat diunduh melalui play store, simurelay merupakan aplikasi yang digunakan untuk simulasi rangkaian kontrol motor listrik. Dalam penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh media pembelajaran berupa software simulator kontrol motor listrik berbasis android dalam pembelajaran guide discovery learning, kemandirian belajar, serta keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik di SMKN l Bangil untuk mata pelajaran instalasi motor listrik SMKN 1 Bangil. Penelitan kuantitatif ini mempergunakan sebuah desain penelitian quiasi experiment. Metode yang dipergunakan berupa metode eksperimen. Populasi yang dipergunakan ialah peserta didik kelas XI di SMKN 1 Bangil dengan sampel kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Untuk teknik pengumpulan data yang dipergunakan berupa tes, kuisioner, dan lembar observasi. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar observasi, tesĀ  kognitif, serta angket. Teknik Analisis data yang dipergunakan berupa anova 3 jalur. Pada hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran simulator kontrol untuk motor listrik berbasis android dan kemandirian dalam pembelajaran guide discovery learning ini terbukti adanya peningkatkan pada hasil belajar siswa untuk mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI SMKN 1 Bangil. Implikasi dari penelitian ini bahwa mata pelajaran instalasi motor listrik bisa lebih efektif menggunakan simulator kontrol motor listrik berbasis android.

Published
2022-07-26
How to Cite
Budiarto, A., Joko, J., Rijanto, T., & Wrahatnolo, T. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE SIMULATOR KONTROL MOTOR LISTRIK BERBASIS ANDROID, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 1 BANGIL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 31-38. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p31-38
Section
Vol 12 No 01 (JPTE April 2023)
Abstract Views: 448
PDF Downloads: 300