STUDI LITERATUR: KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p51-59Keywords:
Hasil Belajar, TGT, Model Pembelajaran Kooperatif, NHTAbstract
Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu tugas seorang guru. dalam kegiatan belajar mengajar, siswa mempunyai berbagai macam karakteristik dan perbedaan daya tangkap sehingga guru dituntut untuk inovatif dalam penyampaian materi belajar. Modelpembelajaran kooperatif yang bervariasi dapatmenjadi salah satu pilihan guru dalam penyampaian materi belajar yang lebih inovatif sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan dari studi literatur ini ialah untuk mengetahui diantara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TGT, yang manakah model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini menggunakan Google Scholar untuk memperoleh artikel dari rentang tahun 2015-2020 menggunakan 2 kata kunci yaitu “Penggunaan NHT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk” dan “Penggunaan TGT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk. Dengan menggunakan kata kunci diperoleh 2160 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran NHT dan diperoleh 2190 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran TGT dan kemudian artikel-artikel tersebut dilakukan proses identification, screening, dan eliglibility sehingga didapatkan 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Penggunaan model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran NHT dengan rerata kenaikan 13,5 dengan skor kenaikan tertinggi 20 dan skor kenaikan terendah 6,57.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

