STUDI LITERATUR: KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Baghas Elmo Adil Laksana Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p51-59

Keywords:

Hasil Belajar, TGT, Model Pembelajaran Kooperatif, NHT

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu tugas seorang guru. dalam kegiatan belajar mengajar, siswa mempunyai berbagai macam karakteristik dan perbedaan daya tangkap sehingga guru dituntut untuk inovatif dalam penyampaian materi belajar. Modelpembelajaran kooperatif yang bervariasi dapatmenjadi salah satu pilihan guru dalam penyampaian materi belajar yang lebih inovatif sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan dari studi literatur ini ialah untuk mengetahui diantara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TGT, yang manakah model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini menggunakan Google Scholar untuk memperoleh artikel dari rentang tahun 2015-2020 menggunakan 2 kata kunci yaitu “Penggunaan NHT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk” dan “Penggunaan TGT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk. Dengan menggunakan kata kunci diperoleh 2160 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran NHT dan diperoleh 2190 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran TGT dan kemudian artikel-artikel tersebut dilakukan proses identification, screening, dan eliglibility sehingga didapatkan 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Penggunaan model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran NHT dengan rerata kenaikan 13,5 dengan skor kenaikan tertinggi 20 dan skor kenaikan  terendah 6,57.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-15

How to Cite

Laksana, B. E. A., Rijanto, T., Sumbawati, M. S., & Harimurti, R. (2022). STUDI LITERATUR: KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 51–59. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p51-59
Abstract views: 151 , PDF Downloads: 132