STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • A’an Auliya’ul Musthofa Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Euis Ismayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring yang ditetapkan saat pemerintah mengambil keputusan karena adanya musibah pandemi virus Covid-19 yang menyerang dunia. Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena musibah Covid-19 sehingga menjadikan semua aspek kehidupan menerima dampaknya, salah satunya adalah pendidikan. Banyaknya siswa SMK yang tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga tujuan penelitian ini adalah membuat penelusuran literatur jurnal mengenai pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan merupakan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari pengumpulan data Pustaka diperoleh 30 E-Journal dan artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data E-Journal dan artikel diperoleh dari berbagai situs web diantaranya adalah Google Scholar, jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, dan Publish or Perish 8. Analisis dilakukan berdasarkan: 1) Penelitian yang berkaitan dengan Google Classroom, 2) Penelitian Google Classroom yang dilakukan pada jenjang Pendidikan SMK. Hasil yang didapatkan dari kepustakaan E-Journal dan artikel adalah penggunaan Google Classroom pada jenjang Pendidikan SMK efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Google Classroom didukung fitur yang memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran dan mengintegrasi penggunaan media interaktif, sehingga hasil belajar siswa dapat langsung dilihat melalui salah satu fitur di Google Classroom sehingga hasil belajar siswa dapat terukur dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Published
2022-09-16
How to Cite
Musthofa, A., Sumbawati, M., Sulistiyo, E., & Ismayati, E. (2022). STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 79-92. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p79-92
Section
Vol 12 No 01 (JPTE April 2023)
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 97