PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK

  • Rahardian Daniar Safitri UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Puput Wanarti Rusimamto UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Edy Sulistyo UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Rina Harimurti UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil obeservasi di SMKN 1 Jetis Mojokerto, bahwa terdapat permasalahan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dan guru sering mengadakan remidi oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek uji coba adalah siswa kelas XII TEI di SMK 1 Jetis Mojokerto.. Subyek uji coba adalah siswa kelas XII TEI di SMK 1 Jetis Mojokerto. Desain uji coba produk yang digunakan adalah One shot case study. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan memperoleh hasil nilai rata-rata hasil rating seluruh validasi sebesar 85% dengan kategori valid. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek kepraktisan dari pengisisan angket respon siswa sebanyak 30 siswa mendapatkan rata-rata 87% dan dikategorikan sangat praktis. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan thitung= 13,01 >ttabel= 1,69 dengan taraf signifikasi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flipbook layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik.

Published
2023-01-19
How to Cite
Safitri, R., Rusimamto, P., Sulistyo, E., & Harimurti, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 93-100. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p93-100
Section
Vol 12 No 01 (JPTE April 2023)
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 80