PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF RANGKAIAN OSILATOR SINUS BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI DI SMKN 3 SURABAYA

  • Rafi Fairuz Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran rangkaian osilator sinus memiliki persoalan media belajar yang terbatas dan monoton. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite pada pembelajaran rangkaian osilator sinus. Penelitian ini  dilakukan dengan meneliti dan mengembangkan media belajar yang dapat berinteraksi dengan pengguna menggunakan model pengembangan ADDIE dalam menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi. Pengembangan media pembelajaran memanfaatkan perangkat lunak Ispring Suite untuk mengintegrasi fitur percabangan pada bantuan, panduan simulasi, dan interaksi latihan soal. Desain penelitian ini mengadaptasi desain satu kelompok dengan pretest dan posttest yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, pengamatan, dan tes. Objek yang diteliti yakni berupa media belajar interaktif yang dikembangkan, sedagkan subjek penelitian yaitu 34 peserta didik kelas XI AV 1 dengan validator dua dosen dan satu guru yang berkompeten di bidang pembelajaran elektronika. Hasil tingkat validitas media pembelajaran yang didasarkan penilaian ahli yaitu sebesar 88% dengan klasifikasi sangat valid, sedangkan kepraktisan media pembelajaran yang didasarkan dari respon pengguna yaitu sebesar 82% dengan klasifikasi sangat praktis. Hasil belajar aspek pengetahuan pada nilai pretest meraih rata-rata 64,41, sedangkan rata-rata nilai posttest yakni 86,617. Berdasarkan dari uji Wilcoxon memperoleh nilai signifikansi 0,00 yang lebih rendah dari 0,05, maka kedua nilai tes memiliki perbedaan yang berarti sehingga media pembelajaran berbasis Ispring Suite efektif dalam menaikkan hasil belajar peserta didik.

Published
2023-06-30
How to Cite
Fairuz, R., Nurhayati, N., Rijanto, T., & Rusimamto, P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF RANGKAIAN OSILATOR SINUS BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI DI SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(02), 155-162. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/53508
Section
Vol 12 No 02 (JPTE Agustus 2023)
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 65