PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI KELAS X MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Serly Naimah Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistiyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perubahan kurikulum menuntut semua elemen pendidikan untuk beradaptasi. Dampak perubahan kurikulum yang saat ini bisa dirasakan adalah hasil belajar siswa untuk materi pengukuran elektronika yang menurun. Tentu banyak faktor penyebabnya, mulai dari motivasi siswa yang rendah hingga kurang beragamnya pemanfaatan media TIK. Sehingga tujuan penelitian yang dilakukan yakni untuk menciptakan media pembelajaran yang layak dalam bentuk modul elektronik (e-module) pengukuran elektronika dan instrumentasi untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video. Media yang layak ditentukan berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan. Pengembangan e-modul interaktif menerapkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation) dengan desain penelitian yang digunakan yakni desain One-Shot Case Study. Sedangkan pengumpulan data didapatkan dari lembar validasi yang dinilai 3 validator ahli, angket respon siswa, serta lembar tes evaluasi diisikan oleh 35 siswa kelas X TAV 3. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah tingkat kevalidan e-modul interaktif sebesar 94% kategori Sangat Valid, kevalidan modul ajar 94% Sangat Valid, sedangkan butir soal mendapat tingkat validitas 96%, Sangat Valid. Tingkat kepraktisan didapatkan dari nilai respon siswa yakni sebesar 86% dengan kategori Sangat Setuju yakni dengan adanya e-modul sebagai media pembelajaran. Analisis hasil belajar dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26.0. Dari hasil uji Normalitas dan uji Binomial didapatkan bahwa nilai hasil belajar siswa lebih besar atau sama dengan KKTP (nilai ≥70). Dengan demikian, berdasarkan data di atas  dapat diambil kesimpulan bahwa e-modul interaktif pada penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Dasar Kejuruan Elektronika kelas X.

Published
2023-07-04
How to Cite
Naimah, S., Kholis, N., Sumbawati, M., & Sulistiyo, E. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI KELAS X MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(02), 163-170. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/53924
Section
Vol 12 No 02 (JPTE Agustus 2023)
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 48