PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QL LITEL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DTE KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Abstract
Taraf pengelolaan teknologi yang belum maksimal dapat menyebabkan kurangnya penguasaan materi terhadap peserta didik pada mata pelajaran Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika (DTE). Dilakasanakannya penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran aplikasi QL LITEL memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektifitas sebagai media ajar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Model penelitian Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) dipilih untuk melancarkan pengembangan aplikasi QL LITEL. Di kelas X TAV 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo, uji coba aplikasi QL LITEL dilakukan dengan 36 Siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian One Shoot Case Study dan Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi media dan materi, angket respons kepraktisan media, dan lembar penilaian hasil belajar. Hasil belajar tersebut nantinya dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan aplikasi QL LITEL dikategorikan sebagai “sangat valid” dengan presentase 85,76% dari segi materi dan segi media menghasilkan presentase 88,85%. Untuk kepraktisan aplikasi QL LITEL menghasilkan nilai presentase sebesar 86,99% dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan tingkat keefektifan aplikasi QL LITEL yang diukur dari segi kognitif menghasilkan nilai Thitung = 10,554 (df = 35, a = 0,05), serta memperoleh nilai signifikan 0,000. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, media pembelajaran aplikasi QL LITEL dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan dari segi kevalidan dan kepraktisan, serta efektif digunakan dalam pembelajaran Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sidoarjo.
PDF Downloads: 28