PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BYGSEREL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE SMART APP CREATOR (SAC)
Abstract
Pemanfaatan media teknologi yang kurang maksimal dalam pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian (DDPK), sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan dari aplikasi Bygserel. Nama “Bygerel” merupakan kepanjangan dari “Bunny Game Seri-Paralel”. Pengembangan aplikasi Bygserel menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain uji coba one shot case study dan dilakukan pada siswa kelas X TITL 3 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen validasi media dan materi aplikasi Bygserel, angket respon siswa, serta hasil belajar kognitif siswa (posttest). Hasil penelitian menunjukkan kevalidan aplikasi Bygserel secara media menghasilkan rating 92,86% dengan kategori “sangat valid” serta secara materi menghasilkan rating 94,32% dengan kategori “sangat valid”. Untuk kepraktisan media aplikasi Bygserel, menghasilkan rating 90,58% dengan kategori “sangat praktis”. Untuk tingkat keefektifan media aplikasi Bygserel dengan hasil belajar kognitif menghasilkan nilai thitung = 8,868, dengan nilai ttabel (df = 29, a = 0,05) = 2,045, memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, yang berarti terdapat perbedaan nilai posttest dengan KKM, atau dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media pembelajaran aplikasi Bygserel dapat dikatakan layak secara valid, praktis, serta efektif digunakan dalam pembelajaran DDPK khusunya pada materi rangkaian dasar kelistrikan dan bahan listrik di SMK Negeri 7 Surabaya.
PDF Downloads: 34