PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p197-203Keywords:
Media pembelajaran interaktif, Macromedia Flash 8, ADDIEAbstract
Media pembelajaran yang terbatas menjadikan mayoritas peserta didik merasa jenuh dan kurang memikat keinginan belajar peserta didik akibatnya berimbas pada hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, peneliti menciptakan media pembelajaran yang lebih variatif yaitu media pembelajaran interaktif berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada mata pelajaran pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang diciptakan peneliti. Ragam penelitian yang dipakai adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE yang berisi dari menganalisis kebutuhan, menskemakan produk, meningkatkan kualitas produk, menerapkan, dan menilai. Pengembangan media ditunjang memanfaatkan software Macromedia Flash 8. Subjek penelitian terdiri dari 34 peserta didik dan 3 validator. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa tingkat validitas yang didapat dari penilaian validator yaitu sejumlah 97% serta parameter sangat valid. Tingkat kepraktisan media pembelajaran yang didapat yaitu sejumlah 81% serta parameter praktis. Nilai peserta didik yang melampaui KKM sejumlah 100% atau 34 peserta didik. Berdasarkan dari uji binomial menunjukkan perbedaan jumlah peserta didik yang tuntas dengan yang tidak tuntas memiliki nilai signifikansi 0,000. Maka dari itu, nilai signifikansi hasil hitung menerima H0 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, atau dalam arti lain bahwa total peserta didik yang tuntas dengan yang tidak tuntas memiliki selisih yang substansial. Berdasarkan perhitungan dan analisis data nilai hasil belajar peserta didik, dapat diartikan bahwa media pembelajaran yang diciptakan efektif dalam memaksimal hasil belajar peserta didik.