PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF DAN PASIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p221-228Keywords:
Teknologi, Augmented Reality, Wilcoxon Signed Ranks, ADDIEAbstract
Teknologi Augmented Reality (AR) adalah contoh nyata dari perkembangan teknologi saat ini. AR memiliki konsep yang menggabungkan unsur-unsur dari dunia maya atau virtual dengan dunia nyata atau realitas. Penerapan teknologi ini dapat dilakukan melalui perangkat seperti smartphone. Namun, belum adanya media pembelajaran yang valid menjadi permasalahan dalam upaya mencapai tujuan belajar. Dari hal itu kegiatan ini lebih berfokus pada pengembangan media belajar yang berbasis augmented reality untuk komponen elektronika aktif dan pasif dalam mata pelajaran dasar kejuruan elektronika. Model ADDIE dipilih dalam proses pengembangan media belajar tersusun daru tahapan mulai dari analisis objek, perancangan, pengembangan media, dan implementasi serta dilakukan evaluasi. Dalam pengembangan media belajar berbasis augmented reality, tahap validasi merupakan langkah yang penting untuk dilalui. Proses validasi media pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan dua aspek yang meliputi media dan materi. Aspek materi memperoleh skor validitas sebesar 91%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Untuk aspek media juga mendapatkan skor validitas yang tinggi, mencapai 91%, dan juga termasuk dalam kategori sangat valid. Respons dari siswa terhadap media pembelajaran ini mencapai 86%, menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dan memiliki tampilan serta penggunaan yang baik. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000, dengan ini nilai signifikansi yang didapatkan menunjukkan hasil kurang dari 0,005. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji Wilcoxon, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komponen elektronika aktif dan pasif yang dikembangkan efektif digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran dimanapun.