PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KETENAGALISTRIKAN KELAS X TITL DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan Genially. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development berjenis ADDIE. Subjek uji coba yakni kelas X TITL 2 dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, materi, dan perangkat pembelajaran (modul ajar kurikulum merdeka), soal pretest-posttest, dan angket respon peserta didik. Program SPSS digunakan untuk mengolah prosedur analisis data dengan dua tahap yaitu uji normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validitas materi pembelajaran, media pembelajaran, dan perangkat pembelajaran yang dinilai oleh tiga validator ahli berturut-turut ialah 94,15%, 86,6%, dan 94,44% yang menunjukkan hasil “sangat valid”. Kepraktisan media yang ditunjukkan dari angket respon peserta didik memperoleh skor 92,94% yang tergolong “sangat praktis”. Efektivitas media pembelajaran diperoleh menggunakan hasil uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test) sesuai dengan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dengan nilai signifikansi ttabel 0,00 (21,32 > 2,03) yang menunjukkan hasil “sangat efektif”. Selain itu, efektivitas media pembelajaran pada ranah psikomotorik dinilai menggunakan uji-t one sample t-test dengan nilai signifikansi 0,00 (16,41 > 2,03 ) yang tergolong “sangat efektif”. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan media pembelajaran dinilai tinggi. Sehingga kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran berbantuan Genially sangat valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran dasar-dasar teknik ketenagalistrikan.
PDF Downloads: 49