PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN CX-PROGRAMMER UNTUK SISWA XII TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SURABAYA

Authors

  • Fadila Amelia Djanuarfianti Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p235-240

Keywords:

modul ajar, valid, praktis, efektif, PLC, discovery learning, SMK Negeri 2 Surabaya

Abstract

Pendidikan melaksanakan suatu tahap belajar yang berkelanjutan dan memiliki kewajiban dalam membentuk karakter, sifat dan budaya bagi seorang siswa. Salah satu usahayang dilakukan adalah melalui pembelajaran PLC (Programmable Logic Controller). Dalam era ini, PLC diyakini menjadi kemampuan penting di dunia industri. Tujuan dari penelitian yaitu menganalisis kelayakan modul ajar PLC siswa jurusan teknik tenaga listrik (TTL) SMK Negeri 2 Surabaya ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (R&D) dari model penelitian Borg and Gall. Sampel diambil dari siswa kelas XII TTL yang berjumlah 32 dengan desain penelitian yaituone shot case study. Analisis data dilakukan dengan one sample t-test pada tiap ranah hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan kevalidan modul yang telah divalidasi oleh 3 validator yaitu rata-rata 85% sehingga dapat dikategorikan sangat valid. Hasil validasi instrumen penilaian afektif 87%, penilaian kognitif 92%, dan penilaian psikomotorik 87%. Sedangkan validasi angket respon siswa memiliki persentase sebesar 90% sehingga dapat dikategorikan sangat valid dan melalui uji kepraktisan dihasilkan skor sebesar 77% sehingga dapat dikategorikan praktis. Hasil analisis belajar yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang telah diuji menggunakan statistik parametrik one sample t-test memperoleh skor berturut-turut sebesar 0,037;0,000;dan 0.000 yang berarti modul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-07-21

How to Cite

Djanuarfianti, F. A., Zuhrie, M. S., Rusimamto, P. W., & Achmad, F. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN CX-PROGRAMMER UNTUK SISWA XII TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(03), 235–240. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p235-240

Issue

Section

Vol 12 No 03 (JPTE Desember 2023)
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 132