PENGEMBANGAN E-MODUL PDKK BERBASIS FLIPBOOK KELAS X TITL SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p229-234Keywords:
E-Modul, flipbook, PDKK, 3DAbstract
Pendidikan dasar kompetensi kejuruan merupakan mata pelajaran yang memberikan pemahaman dasar konsep dalam bidang kelistrikan yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas X TITL, khususnya di SMK Negeri 1 Driyorejo. Namun belum adanya media pembelajaran yang memadai menjadikan salah satu kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga terdapat penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis flipbook mata pelajaran PPDK. Penelitian dan pengembangan menjadi metode yang digunakan dengan menerapkan model 3D yang terdiri dari define, desing, dan development. Tahap define merujuk pada beberapa analisa mulai dari analisis karakteristik peserta didik, masalah, dan kebutuhan. Sehingga pada tahap design dapat dilakukan pemilihan media, format, dan rancangan dari media pembelajaran. Pada tahapan pengembangan dilakukan validasi dari media pembelajaran, uji coba media, dan evaluasi. Tahap validasi dilakukan dengan melakukan validasi kepada validator ahli dari aspek size modul, aspek desain cover modul dan aspek desain materi modul. Aspek tersebut menunjukkan hasil yang sangat valid dengan nilai untuk aspek ukuran modul sebesar 84%, untuk aspek desain kulit modul mencapai 93,75%, sedangkan untuk aspek desain isi modul mencapai 89,29%. Setelah dilakukan validasi, proses uji coba digunakan untuk mengetahui kepraktisan modul dan efektifitas modul yang diolah menggunakan N-Gain dengan melakukan pre-test dan post-test. Untuk kepraktisan dari E-Modul sendiri dikategorikan sangat praktis dengan nilai sebesar 91,8% untuk aspek manfaat, 90,4% untuk tampilan, 90,8% untuk penyajian materi. Untuk nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 67% yang tergolong peningkatan sedang.