PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI GERBANG LOGIKA PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMKN 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v12n03.p267-275Keywords:
pengembangan, media pembelajaran, augmented reality, gerbang logikaAbstract
Pengamatan kegiatan pembelajaran dengan materi gerbang logika di kelas X memperlihatkan penggunaan media pembelajaran berupa buku cetak, dan presentasi power point kurang membangkitkan minat belajar peserta didik. Mengacu adanya persoalan tersebut, peneliti memutuskan dalam membangun media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan dengan berbasis augmented reality pada materi gerbang logika. Guna memastikan kelayakan media perlu dilakukan analisis guna memperoleh hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis augmented reality. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang memiliki proses analisa kebutuhan, membuat rancangan awal, membangun media belajar, implementasi media, serta melakukan evaluasi penelitian. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Before-After, dengan teknik pengambilan data memakai angket, observasi, dan tes. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas X TAV 3 SMK Negeri 3 Surabaya dan validator yang menilai yaitu dua dosen dan satu guru. Analisis hasil penelitian diperoleh tingkat kevalidan 90% dengan tingkatan yang sangat valid. Hasil tingkat kepraktisan yakni 86% dengan tingkatan yang sangat praktis. Hasil belajar aspek pengetahuan menunjukkan rerata nilai kemampuan awal yakni 64,3, sedangkan rerata nilai kemampuan akhir yakni 88,4. Hasil uji Wilcoxon menuai nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kemampuan awal dan akhir peserta didik memiliki perbedaan yang signifikan. Dapat diambil kesimpulan yaitu media belajar berbasis augmented reality efektif untuk menunjang hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.