PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMKN 1 JABON

  • Frendy Surya Pralangga Author
  • L Endah Cahya Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Sulistyo Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan metode ceramah kurang efektif dan menarik minat peseta didik karena peserta didik biasanya mendengarkan pengajar menjelaskan materi  sehingga membuat kurang aktifnya peserts didik dalam pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut, untuk menyelesaikannya perlu dilakukan pembelajaran  sesuai dengan kurikulum maerdeka SMKN 1 Jabon. Teknik pembelajaran yang bisa meningkatkan peserta didik turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan menuntut ilmu dengan metode discovery learning. Teknik yang diaplikasikan dalam percobaan ini merupakan metode deskriptif kuantitatif desain quasi eksperiment yang menggunakan pendekatan non-equivalent control group design. Teknik analisis data dengan memakai lembar observasi dan pre-post test, kemudian diolah hasilnya melalui pengujian normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pada pengujian normalitas observasi keaktifan dan hasil belajar, uji Shapiro-Wilk dihasilkan nilai signifikansi (sig) lebih dari 0,05 untuk data  kelas eksperimen dan kelas kontrol, akhirnya mampu disimpulkan  data tersebut terdistribusi secara normal. Pengujian homogenitas menunjukkan bahwa homogenitas varians kinerja adalah 0,157 dan hasil belajar untuk pretes 0,350 dan postes 0,183. Semua data > 0,05 dapat dinyatakan data  homogen. Uji hipotesis dengan independent sample t-test dengan bahwa sig(2-tailed) adalah 0.00 dan ;0.05 dan dengan hasil belajar mendapatkan sig(2-tailed) adalah 0.01 dan 0.05. Dapat dinyatakan H0 tidak diterima dan H1 diterima. Maka, metode pembelajaran discovery learning dapat memningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI TEI SMKN 1 Jabon.

Published
2023-07-26
How to Cite
Pralangga, F., Ningrum, L. E., Sulistyo, E., & Fransisca, Y. (2023). PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMKN 1 JABON. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(01), 7-11. https://doi.org/10.26740/jpte.v13n01.p7-11
Section
Vol 13 No 01 (JPTE April 2024)
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 42