PENGARUH KEMAMPUAN KOLABORASI DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TITL KELAS XI SMKN 1 NGANJUK
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kolaborasi dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa TITL kelas XI SMKN 1 Nganjuk. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua arah (ANOVA). Populasinya adalah terdiri dari seluruh siswa kelas XI TITL. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XI TITL 1 dan XI TITL 2 dengan jumlah siswa 70 orang. Alat dan instrumen yang digunakan untuk menilai hasil belajar adalah tes pilihan ganda dan alat yang digunakan untuk menilai kemampuan kolaborasi adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik kelas XI TITL SMKN 1 Nganjuk, dengan hasil statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,029; (2) Terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang memiliki kemampuan kolaborasi tinggi dan rendah pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI TITL SMKN 1 Nganjuk, dengan hasil statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,049; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan kolaborasi terhadap hasil belajarĀ siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI TITL, dengan hasil statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,188.
PDF Downloads: 33