Pembuatan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis IOT

  • Annisa Ayu Nur Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah tidak adanya trainer mikrokontroler arduino uno berbasis IOT. Oleh karena itu, penting untuk memiliki media yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa. Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk membuat trainer mikrokontroler Arduino Uno yang substansial dan memungkinkan dalam pandangan IOT. Konsep IOT menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain dengan perantara jaringan internet. Trainer dengan input sensor api, suhu dan cahaya yang diolah mikrokontroller arduino uno dan output berupa buzzer, motor, lampu, dan LCD yang di proses dan di tampilkan dan menyaklarkan dengan jaringan internet pada web. Pengumpulan informasi menggunakan hasil persetujuan dari tiga orang dosen Teknik Elektro UNESA sebagai validator dan survei mahasiswa teknik elektro UNESA sebagai responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil kevalidan media pembelajaran mikrokontroller arduino uno berbasis IoT adalah sebesar 80,74% dengan klasifikasi valid, untuk hasil kevalidan experiment sheet diperoleh rata-rata sebesar 75,61% dengan klasifikasi yang valid, dan untuk persetujuan modul, hasil kevalidan adalah 82,74% dengan klasifikasi yang valid Sedangkan rata-rata nilai tes kinerja media trainer sebesar 85,3%, rata-rata nilai kinerja lembar percobaan sebesar 85,62%, dan rata-rata nilai kinerja modul sebesar 83,75%. Sehingga sangat mungkin disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer mikrokontroler Arduino Uno berbasis IOT ini sah dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Published
2023-08-08
How to Cite
Nur Fadhilah, A., Agung, A., Kholis, N., & Rusimamto, P. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis IOT. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(01), 21-30. https://doi.org/10.26740/jpte.v13n01.p21-30
Section
Vol 13 No 01 (JPTE April 2024)
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 58