PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 CERME
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v13n01.p31-37Keywords:
media pembelajaran, video tutorial, instalasi penerangan listrikAbstract
Inovasi dalam setiap proses pembelajaran dapat meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial yang memiliki kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji media pembelajaran video tutorial dilakukan kepada 33 peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 1 Cerme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, angket kepraktisan media, serta lembar penilaian peserta didik. Hasil rating validasi aspek media dan aspek materi secara beruntun diperoleh persentase sebesar 96% dan 99% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan didapatkan dari angket respon peserta didik dengan nilai persentase sebesar 86% dengan kategori sangat praktis. Tingkat efektifitas yang ditinjau dari rata-rata hasil belajar peserta didik berada di atas KKTP sebesar 87%. Hasil analisis SPSS didapatkan hasil uji Binomial Test menunjukkan hasil taraf signifikansi sebesar 0,000 yakni lebih kecil dibandingkan 0,05. Sehingga dinyatakan bahwa menolak Ho dan menerima H1 yakni rerata nilai akhir peserta didik lebih besar atau sama dengan KKTP. Maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis video tutorial layak digunakan untuk mata pelajaran instalasi penerangan listrik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

