PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMKS DAAR AL MUHSININ BATU BARA

  • Muhammad Toyip SMK Swasta Daar Al Muhsinin
  • Deden Untung SMK Negeri 3 Metro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat partisipasi peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X (sepuluh) SMKS Daar Al Muhsinin Batu Bara melalui penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei sebagai pendekatan penelitian. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKS Daar Al Muhsinin Batu Bara pada semester genap TA 2022/2023, yang terdiri dari sembilan peserta didik. Pengumpulan data-data dilakukan melalui validasi angket terhadap kesesuaian perangkat pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi, serta penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dan materi perangkat pembelajaran yang diterapkan dengan model PjBL memiliki tingkat validitas yang baik dan layak untuk diterapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini layak digunakan. Evaluasi praktikalitas guru dalam menerapkan PjBL juga mendapatkan kategori yang baik. Begitu pula dengan penilaian praktikalitas dari peserta didik, yang menunjukkan respons positif terhadap model pembelajaran ini. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar dapat meningkatkan partisipasi peserta didik secara efektif dan komprehensif dan dapat diterapkan dengan baik di kelas X SMKS Daar Al Muhsinin Batu Bara.

Published
2023-12-04
How to Cite
Toyip, M., & Untung, D. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMKS DAAR AL MUHSININ BATU BARA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(02), 79-84. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/57575
Section
Vol 13 No 02 (JPTE Agustus 2024)
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 67