DAMPAK DARI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR ELEKTRONIK OTOMOTIF DI SMKN 1 SAWOO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v13n01.p71-77Keywords:
hasil belajar, penerapan trainer, PjBLAbstract
Proses pembelajaran yang berkualitas dapat memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian akademis siswa, terutama dalam konteks mata pelajaran yang dianggap kompleks, seperti penerapan rangkaian digital. penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil kinerja siswa dalam mata pelajaran Dasar Program Keahlian di tingkat SMK. Metode pengumpulan data dilakukan melalui analisis literatur, dengan menyajikan berbagai teori terkait dan mendukungnya dengan data sekunder dari ena m referensi jurnal yang membahas penerapan model PjBL pada Dasar elektronik otomotif. Penelitian ini menghasilkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, terutama dalam konteks penerapan rangkaian elektronik otomotif. Oleh karena itu, model pembelajaran PjBL dianggap sebagai pendekatan yang sesuai untuk diterapkan di lingkungan SMK. Namun, ada kelemahan yang perlu diperhatikan, terutama ketika siswa kehilangan motivasi atau merasa ragu dapat mengatasi tantangan pembelajaran. Guru dapat berperan aktif dengan meningkatkan pengawasan dan memberikan perhatian khusus agar seluruh siswa tetap termotivasi dalam menghadapi kesulitan belajar. Dalam implementasi PjBL, penting untuk memastikan perlakuan yang adil terhadap seluruh siswa, sehingga setiap peserta didik mempunyai peluang yang sama baiknya untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Oleh karena itu, penekanan pada pengembangan kreativitas dan semangat belajar perlu ditingkatkan, dan diharapkan guru dapat memotivasi siswa agar aktif dan berpikir lebih kreatif selama proses pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

