PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA REKAYASA TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KEMANGKON

  • Aris Sutriono SMP Negeri 1 Kemangkon
  • Syamsidar Syamsuddin SMP Negeri 18 Barru

Abstract

Penelitian ini melibatkan periode 31 hari kerja, yang berlangsung mulai dari bulan September hingga November 2023, dengan fokus intens pada dua sesi pembelajaran yang mengeksplorasi simbol-simbol rangkaian listrik dan elektronika. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX, dengan partisipasi aktif dari 30 siswa yang menjadi objek analisis. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan lembar tes sebagai instrumen evaluasi akhir pada setiap sesi pembelajaran, memberikan gambaran holistik terhadap pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada sesi pembelajaran pertama, tingkat keberhasilan belajar mencapai 70%, dan terjadi peningkatan menjadi 72% pada sesi pembelajaran kedua. Oleh karena itu, tingkat keberhasilan belajar secara keseluruhan mencapai angka sebesar 71%. Analisis mendalam terhadap data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan signifikan dari sesi pertama ke sesi kedua mencerminkan efektivitas pendekatan PBL dalam memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terkait konsep-konsep kompleks dalam rangkaian listrik dan elektronika. Selain itu, penelitian ini menekankan peranan krusial lembar tes sebagai alat pengumpulan data, memberikan analisis yang mendalam dan menyeluruh tentang pencapaian siswa. Hasil positif ini dapat dijadikan dasar untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan, dengan mempertimbangkan keberhasilan PBL sebagai model pembelajaran yang terbukti memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendekatan pendidikan yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dalam konteks materi rangkaian listrik dan elektronika

Published
2023-12-06
How to Cite
Sutriono, A., & Syamsuddin, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA REKAYASA TEKNIK INSTALASI LISTRIK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KEMANGKON. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(02), 95-98. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/57631
Section
Vol 13 No 02 (JPTE Agustus 2024)
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 35