PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I-SPRING PADA MATERI KOMPONEN AKTIF DAN KOMPONEN PASIF KELAS X DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Abstract
Kebijakan mengenai belajar mengajar dari rumah dikeluarkan pemerintah sebagai respon terhadap wabah pandemic Covid-19. Sehingga menimbulkan tantangan besar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Indonesia dari pembelajaran luring menjadi daring. Dengan pembelajaran daring, dimana pembelajaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, siswa harus lebih proaktif dalam mencari informasi sendiri. Maka dilakukan sebuah penelitian di SMK Negeri 3 Surabaya dengan menggunakan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Audio Video. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran berbasis I-Spring yang menghasilkan sistem operasi smartphone android sebagai alternatif pembelajaran pada materi komponen aktif dan pasif. Untuk mencapai pengembangan penelitian digunakan metode penilitian ADDIE yang meliputi analize, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap uji validasi dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan satu Guru SMK. Tahap uji kepraktisan dilakukan dengan mengisi instrumen angket oleh tiga puluh siswa. Pre-test dan post-test digunakan untuk melihat uji keefektifan media. Hasil penelitian kevalidan media pembelajaran diperoleh kategori sangat valid dari validator ahli media sebesar 99,4%, ahli materi sebesar 96,1%, dan dari Guru SMK sebesar 90,3%. Hasil penelitian kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa sebesar 95,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian keefektifan media diperoleh dengan hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji paired sample t test melalui software SPSS sehingga didapatkan nilai Sig sebesar 0.00 yang berarti media efektif digunakan. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis I-Spring pada materi komponen aktif dan pasif ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
PDF Downloads: 12