PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INSTAGRAM PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TAV DI SMKN 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v13n02.p127-137Keywords:
media pembelajaran, instagram, ADDIEAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui validitas materi pada media pembelajaran digital berbasis Instagram (2) mengetahui kepraktisan dalam penerapannya. (3) mengevaluasi efektivitas media pembelajaran digital berbasis Instagram. Penelitian dan pengembangan adalah jenis penelitian yang dilakukan. Proses pengembangan media menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengembangan media pembelajaran digital menggunakan akun Instagram teknikasic. One Group Pretest Posttest merupakan metode yang digunakan dalam desain penelitian ini. Tes, survei, dan observasi merupakan metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Topik penelitiannya melibatkan melibatkan keterlibatan 32 peserta didik kelas X TAV 1 SMKN 3 Surabaya dan validator yang terdiri dari dua dosen program studi Pendidikan Teknik Elektro Unesa dan satu guru mata pelajaran Dasar Teknik Elektronika di SMKN 3 Surabaya. Hasil penelitian dari tingkat validitas materi pembelajaran yang ditinjau dari penilaian ahli yaitu sebesar 92% dengan kriteria Sangat Valid, hasil validitas media pembelajaran yaitu sebesar 93% dengan kriteria sangat valid, hasil validitas tes pilihan ganda yaitu sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, hasil kepraktisan media pembelajaran dari analisis tanggapan peserta didik menunjukkan hasil 88% Dengan kriteria sangat praktis. Nilai pretest memperoleh rata-rata sebesar 52,5, sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 87,9. Berdasarkan perhitungan SPSS dari Uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,005, sehingga nilai pretest dan posttest memiliki hasil perbedaan yang signifikan pada peserta didik kelas X TAV 1 SMKN 3 Surabaya mencapai hasil belajar yang lebih baik karena media pembelajaran yang dikembangkan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

