PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN ULAR TANGGA RAKSASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 JABON

Authors

  • Euvannisa Jasmin Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v13n02.p151-155

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, Hasil Belajar, Respon Siswa

Abstract

Tujuan penelitian (1) Untuk menganalisis pengaruh tingkat pengetahuan siswa pada model pengajaran kooperatif tipe TGT berbantuan ular tangga raksasa terhadap pencapaian siswa di SMK Negeri 1 Jabon. (2) Untuk menelaah reaksi siswa terhadap model pengajaran kooperatif tipe TGT berbantuan ular tangga raksasa terhadap pencapaian siswa di SMK Negeri 1 Jabon. Metode yang dipergunakan adalah eksperimen awal dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Dalam Penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam pendekatan ini, peneliti akan menggunakan angka sebagai gejala yang dapat diamati. Penelitian ini diukur dengan mengambil data sebelum sesudah diberikan materi pembelajaran. Peneliti menyajikan model pengajaran kooperatif tipe TGT. Setelah memberikan perlakuan, peneliti dapat membandingkan nilai sebelum dan sesudah perlakuan sehingga hasilnya lebih akurat. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Jabon sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel non probabilitas secara sengaja, dengan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test, (1) hasil uji menunjukkan bahwa H1 diterima. Karenanya berarti bahwa model pengajaran kooperatif tipe TGT berbantuan ular tangga raksasa memiliki pengaruh dihadapkan pada hasil belajar siswa. (2) reaksi siswa terhadap model pengajaran kooperatif tipe TGT berbantuan ular tangga raksasa terhadap pencapaian nilai siswa masuk ke dalam kategori unggul dengan skor 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-28

How to Cite

Jasmin, E., Kholis, N., Sumbawati, M. S., & Rusimamto, P. W. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN ULAR TANGGA RAKSASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 JABON. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(02), 151–155. https://doi.org/10.26740/jpte.v13n02.p151-155
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 26