PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER OP-AMP BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI-TEI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Authors

  • Rendi Saputra Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v13n03.p165-175

Keywords:

media pembelajaran, augmented reality, op-amp, R&D

Abstract

     Pendidikan merupakan wahana penting dan media yang efektif untuk mengajarkan norma, mensosialisasikan nilai, dan menanamkan etos kerja dikalanganwarga masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kevalidan, dan kepraktisan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti. Media pembelajaran ini menggunakan teknologi Augmented Reality untuk mengajar penerapan rangkaian elektronika, dan hasil belajar dan hasil observasi dan praktik dapat diukur. Penelitian ini melibatkan 26 siswa di kelas XI-TEI SMK Negeri 2 Surabaya. Validator sendiri terdiri dari satu guru pengampuh mata pelajaran di kelas Teknik Audio dan Video SMK Negeri 2 Surabaya dan dua dosen Teknik Elektro Unesa. Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode yang dimaksudkan untuk dikembangkan secara berkala. Model pengembangan yang digunakan dalam media pembelajaran adalah model ADDIE, yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan desain One Shot Case Study Design untuk mengubah desain penelitian. Hasil penelitian sendiri menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat valid dengan presentase 94% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, media pembelajaran sangat praktis dengan presentase 90% dengan kriteria sangat praktis. Nilai psikomotorik rata-rata 89,54, dan nilai posttest rata-rata 88,65. Peneliti telah membuat media pembelajaran yang sangat efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-TEI di SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil uji satu sampel T menunjukkan silai signifikan sebesar 0,094 kurang dari 0,05 untuk nilai posttest dan nilai praktik sebesar 0,064 kurang dari 0,05 untuk nilai praktik siswa, sehingga hasil belajar siswa dan nilai observasi menjadi signifikan. dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-TEI di SMK Negeri 2 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-04

How to Cite

Nugraha, R. S., Kholis, N., Rusimamto, P. W., & Zuhrie, M. S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER OP-AMP BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI-TEI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(03), 165–175. https://doi.org/10.26740/jpte.v13n03.p165-175
Abstract views: 88 , PDF Downloads: 100