PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP DASAR KELISTRIKAN DAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 JABON

  • Saskiyah Firda Ashari Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Implementasi teknik pengajaran yang tidak tepat dapat berpengaruh pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay bisa dianggap bisa menjadi strategi untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis dampak model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi konsep dasar kelistrikan dan elektronika, serta (2) untuk mengevaluasi tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada materi yang sama. Metode yang dipergunakan adalah metode eksperimen awal dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini diukur dengan mengambil data sebelum sesudah diberikan materi pembelajaran. Peneliti menyajikan model pengajaran kooperatif tipe course review horay. Setelah memberikan perlakuan, peneliti dapat membandingkan nilai sebelum dan nilai akhir sehingga hasilnya lebih akurat. Penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas X TEI SMK Negeri 1 Jabon sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel non probabilitas secara sengaja, dengan sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik. Berdasarkan hasil uji Paired Samplel T-Test, (1) hasil uji menunjukkan bahwa H1 diterima yamg artinya terdapat pengaruh yang sigifikan terhadap hasil belajar pada peserta didik setelah penerapan model pembelajaran course review horay pada materi konsep dasar kelistrikan dan elektronika. (2) Respon peserta didik terhadap model pengajaran kooperatif tipe course review horay  terhadap hasil belajar peserta didik masuk ke dalam kategori sangat baik dengan skor 88%.

Published
2024-06-13
How to Cite
Ashari, S., Rusimamto, P., Harimurti, R., & Zuhrie, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP DASAR KELISTRIKAN DAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 JABON. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(03), 209-214. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/60462
Section
Vol 13 No 03 (JPTE Desember 2024)
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 10