PENGEMBANGAN TRAINER PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) SOLAR CELL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMK MA’ARIF DRIYOREJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p1-5Keywords:
trainer, solar cell, jobsheetAbstract
Dunia pendidikan berkembang pesat saat ini dan banyak Sekolah Menengah Kejuruan yang didirikan untuk menjawab tantangan era industri. Salah satu pengembangan di dunia pendidikan adalah pada media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya mengetahui validitas trainer penerangan jalan umum solar cell berserta jobsheet, mengetahui pengaruh trainer dan jobsheet terhadap hasil belajar peserta didik (keefektifan produk) dan mengetahui hasil kepraktisan produk trainer serta respon dari peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang telah disusun dan diterapkan one shot case study. Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas XI TITL SMK Ma’arif NU Driyorejo. Tahapan yang dilalui mulai dari aspek validasi, aspek keefektifan, dan aspek kepraktisan. Penelitian ini menggunakan lembar validasi, soal kognitif, angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Validitas dari 3 validator mendapatkan rata-rata skor rating validitas sebesar 90,51% dan 91,67% dan dinyatakan sangat valid; (2) Hasil uji keefektifan terhadap hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata 85,2 dan memiliki normalitas signifikasi sebesar 0,149 sehingga dinyatakan sangat efektif; (3) Hasil kepraktisan dilihat dari nilai angket yang diberikan terhadap peserta didik mendapatkan rata-rata skor rating sebesar 90,90% sehingga dapat dikatakan sangat praktis. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan trainer dan jobsheet dapat digunakan peserta didik kelas XI TITL di SMK Ma’arif NU Driyorejo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

