PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TRAINING KIT INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p19-27Keywords:
media pembelajaran, android system webview, e-modulAbstract
Peneliti mengembangkan perangkat pelatihan E-modul instalasi penerangan listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu definisi, desain, pengembangan, dan distribusi. Data yang digunakan adalah 30 siswa kelas XI TITL 3 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 2 Surabaya sebagai kelas kontrol. Produk e-modul ini terdiri dari dua aplikasi yaitu untuk guru dan peserta didik, aplikasi guru berfungsi untuk menambahkan materi, kegiatan praktikum, tes, maupu refleksi yang akan otomatis tersinkron dengan aplikasi peserta didik sehingga memudahkan koordinasi antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul training kit instalasi penerangan listrik berbasis android system web view masuk dalam kategori sangat valid dengan vaidasi persentase materi 85,83%, vaidasi persentase media 82,4%, dan vaidasi persentase pembelajaran 81,26%. Selain itu, e-modul kit pelatihan instalasi penerangan listrik berbasis android system web view masuk dalam kategori sangat praktis, dengan 89% dari peserta didik dan 85,63% dari guru masuk. Selain itu, e-modul ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal ini tercermin dari perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

