PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL DASAR MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMKN 3 SURABAYA

Authors

  • Prima Renaldy Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p65-72

Keywords:

model pembelajaran, e-modul, problem based learning, ADDIE

Abstract

Peneliti untuk merancang media pembelajaran yaitu E-modul Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan Flipbook berbasis Problem Based Learning yang menarik untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik dan Elektronika kelas X Teknik Audio Video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Kevalidan media pembelajaran E-modul Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan Flipbook berbasis Problem Based Learning. (2) Keefektifan peserta didik dengan menggunakann media pembelajara E-modul Praktikum Teknik Digital Dasar Menggunakan Flipbook berbasisi Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Kepraktisan media pembelajaran E-modul Teknik Digital Dasar menggunakan Flipbook berbasisi Problem Based Learning terhadap hasil respon peserta didik. Serta mengidentifikasi (4) Hubungan yang signifikan antara E-modul Praktikum Teknik Digital Dasar menggunakan Flipbook berbasis Problem Based Learning dengan hasil belajar pada materi hukum aljabar boolean dan gerbang logika. Penelitian ini menggunakan model peneltian ADDIE dengan tahapan dari Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penetian ini terdiri dari peserta didik kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Surabaya, dengan jumlah peserta sebanyak 35 siswa. Pada penelitian ini meenggunakan desain One Shot Case Study dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket yakni analisis dan respon, observasi, serta tes kognitif dan tes psikomotorik. Dari penelitian ini dari uji normalitas menunjukkan dari nilai akhir taraf signifikannya nilai Shapiro-Wilk sebesar 0,188. Hasil uji binomial sebagai uji non parametrik alternatif dari respon perserta didik mendapatkan nilai signifikasi yaitu 0,000. Uji Homogenitas diperoleh taraf siginikansi nilai uji Levene yaitu 0,261. Sedangkan pada Uji hipotesis menggunakan korelasi product momen memperoleh taraf signikansi 0,003. Artinya bahwa 0,003<0,05 dapat diartikan bahwa hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-08

How to Cite

Renaldy, P., Sumbawati, M. S., Harimurti, R., & Zuhrie, M. S. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL DASAR MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(01), 65–72. https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p65-72
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 79