Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Strategi Kartu Respon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio Video CD Player Di SMK Negeri 2 SURABAYA

  • Andika Putra Yuana Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Rr. Hapsari Peni . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dengan strategi kartu respon lebih baik dibandingkan pembelajaran kooperatif yang tidak menggunakan strategi kartu respon pada standar kompetensi meperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD player terhadap hasil belajar siswa., (2) mengetahui respon siswa kelas XI AV terhadap pembelajaran aktif dengan strategi kartu respon pada standar kompetensi memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD player di SMKN 2 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan design penelitian “Control Group pre-test-post-test  Design )”. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 kelas. 1 kelas eksperiment yaitu kelas X1 TAV2 dan 1 kelas kontrol yaitu kelas X1 TAV3 SMKN 2 Surabaya. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tanpa strategi kartu respon , sedangkan kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan strategi kartu respon. Tes dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah perlakuan (post-test). Pre-test berfungsi untuk mengukur seberapa besar kemampuan awal sampel dan post-test berfungsi untuk mengukur hasil belajar sampel setelah diberikan perlakuan.

Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki presentase rata-rata sebesar 80,85%. Dari hasil validasi Buku Ajar dikategorikan baik dengan presentase rata-rata sebesar 84%. Dan dari hasil validasi butir soal dikategorikan baik dengan presentase sebesar 83,67%. (2) Dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 10,320 dan nilai ttabel 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi kartu respon lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tanpa strategi kartu respon. Dengan rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen XI AV-2 (strategi kartu respon) 81,22 dan kelas kontrol XI AV-3 (MPK ) 63,28. (3) Kemudian dari hasil analisis pada angket siswa didapat rata-rata hasil presentase sebesar 81,9%.

Kata Kunci: kooperatif STAD, Kartu Respon, Respon siswa, standar kompetensi memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD player

Abstract

The reseach aim to: (1) determine the effect of STAD cooperative learning model with card strategy response towards student’s achievement in competency standards improve signal reproduction Audio Video CD player . (2) determine student XI A class  response about strategy response towards student’s achievement in competency standards improve signal reproduction Audio Video CD player.

This research includes experimental research , the research design used is True Experimental Design and design control group pre - test post-test design . Samples are grouped into two classes, class control and experimental . Treated control class using STAD cooperative learning model without stratrgi response card , while the experimental class are treated using cooperative learning strategy STAD with response cards . Tests were performed before ( pre - test ) and after treatment ( post-test ) . Pre -test is used to measure how much prior knowledge and post-test sample is used to measure the learning achievement after being given treatment .

From the results obtained : ( 1 ) lesson plan developed researchers have an average percentage of 80.85 % . Textbook of validation results categorized by the percentage of the average of 84% . And the results of validation items were categorized either with a percentage of 83.67 % . ( 2 ) From the student learning outcomes obtained tvalue of 10.320 and ttabel 1.67 at significant level α = 0.05 . From the results obtained that the value of t > ttable, so concluded that student learning outcomes using the model of cooperative learning strategy STAD response card was significantly higher than that of student learning outcomes using the model of cooperative learning strategy without a response card . With average learning outcomes for the experimental class XI AV - 2 ( response card strategies ) 81.22 and class XI control AV - 3 ( MPK ) 63.28 . ( 3 ) Then, from the analysis of the student questionnaire results obtained average percentage of 81.9 % .

 

Keyword: Cooperative STAD, Response Card, Student Response, competency standards improve signal reproduction Audio Video CD player

Author Biographies

Andika Putra Yuana, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Rr. Hapsari Peni ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2013-09-01
How to Cite
Yuana, A., & ., R. H. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Strategi Kartu Respon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio Video CD Player Di SMK Negeri 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 11