PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM OP-AMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p57-63Keywords:
modul, operational amplifier, R&D, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi olehtidak adanya panduan atau modul sebagai petunjuk kegiatan praktikum dalam pelajaran sistem pengendali elektronik di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Dengan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan modul praktikum Operational Amplifieryang layak digunakan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan modul praktikum Operational Amplifierdalam penelitian ini ditinjau dari aspek validitas dan keefektifan. Penelitimenggunakan model penelitian R&D dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluationserta desain penelitian One-Shot Case Study. Tahap pelaksanaan penelitian ini diikuti oleh 25 responden dari kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi modul untuk aspek kelayakan dan soal ujian hasil belajar untuk aspek keefektifan. Hasil validasi media penelitian pengembangan modul ini mendapatkan total rating sebesar 75,76%, yang berarti pengembangan modul Operational Amplifierdinyatakan layak digunakan. Keefektifan modul ditinjau dari hasil rata rata nilai siswa didapatkan nilai 82,28 dengan nilai batas minimum adalah 75. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 8,227 dengan df 24 dan signifikansi 0,000, sehinga dapat diartikan nilai hasil belajar siswa secara signifikansi lebih besar dari batas nilai minimum. Dengan demikian berdasarkan hasil skor validasi dan keefektifan disimpulkan bahwa pengembangan modul praktikum Op-Amp layak untuk digunakan pada mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

