PENGEMBANGAN MODUL TRAINER POWER SUPPLY PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MAMBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p29-33Keywords:
modul, trainer, power supplyAbstract
Kegiatan praktikum menjadi unsur penting dalam pendidikan kejuruan agar siswa mampu mengimplementasikan teori ke dalam kegiatan praktik. Penelitian ini merancang sebuah Modul Trainer Power Supplysebagai bahan ajar untuk materi Power Supplypada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Modul dirancang dengan tujuan agar proses belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Modul ini dirancang agar bisa digunakan sebagai referensi, panduan praktikum, serta sebagai alat evaluasi pegetahuan siswa. Modul disusun secara sistematis agar memenuhi syarat kelayakan dan kepraktisan sebagai bahan ajar. Untuk menguji kelayakan dan kepraktisan modul, mula-mula peneliti mengamati kendala yang dialami siswa selama kegiatan praktikum. Setelah mempelajari kendala yang dialami siswa, peneliti merancang modul dan diuji coba pada siswa kelas X SMK Mambaul Ulum Kebomas Gresik. Kelayakan modul dinilai oleh tiga orang ahli sebagai validator. Data hasil pengujian modul diambil dariangket respon yang diisi oleh guru dan beberapa siswa serta lembar validasi yang diisi oleh tiga orang ahli sebagai validator. Berdasarkan hasil analisis data dari lembar validasi oleh tiga orang ahli dapat disimpulkan bahwa Modul Trainer Power Supplypada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik menunjukkan hasil “valid” dengan persentase 91%. Hal ini menunjukkan bahwa modul layak untuk dijadikan bahan ajar praktikum Power Supplypada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan hasil analisis dari angket respon siswa dan guru diperoleh persentase 96%, yang mana menunjukkan bahwa modul memiliki nilai kepraktisan yang sangat baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

