PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE MULTISIM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA

Authors

  • Eka Aditya Priyono Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p43-48

Keywords:

media pembelajaran, multisim, problem based learning

Abstract

Mutu pendidikan dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan sistem penyediaan bahan ajar yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan di kemudian hari. Media pembelajaran ini menggunakan Software Multisim yang dipadukan dengan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika yaitu pada materi Low Pass Filter. Dalam penelitian ini terdapat 3 aspek kualitas yaitu validitas, pengaruh, dan respon siswa. Analisis karakteristik siswa, penetapan model pembelajaran, pemilihan media pembelajaran serta materi yang digunakan akan melibatkan siswa serta guru dalam pengembangan penelitian ini. Terdapat penilaian dan angket merupakan langkah-langkah dalam metode penelitian ini. Modul ajar memperoleh hasil rating sebesar 93,23% sehingga valid, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) mendapat hasil rating sebesar 95,24% sehingga valid, soal tes memperoleh hasil rating sebesar 94,99% sehingga valid dan angket respon mendapat hasil rating sebesar 94,16% sehingga valid. Nilai rata-rata siswa sebelum perlakuan adalah 39,81, dan nilai rata-rata siswa setelah perlakuan adalah 72,57. Menurut hasil angket, respon siswa terhadap media pembelajaran rata-rata sebesar 94,45% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Distribusi dianggap normal karena berdasarkan uji normalitas mendapatkan skor signifikansi sebesar 0,200 yang kemudian dilanjut dengan uji homogenitas mendapat skor signifikansi sebesar 0,858 dalam artian homogen serta yang terakhir yaitu uji-t mendapatkan skor signifikansi sebesar 0,001 sehingga dapat ditafsirkan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Temuan pada penelitian ini mendukung anggapan bahwa media pembelajaran berbasis Software Multisim dan model pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan karena berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-08

How to Cite

Priyono, E. A., Sumbawati, M. S., Rusimamto, P. W., & Harimurti, R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE MULTISIM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(01), 43–48. https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01.p43-48
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 60