PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TITL SMKN 2 PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v14n02.p87-95Keywords:
trainer, surya, hasil belajarAbstract
Aktivitas belajar-mengajar merupakan komponen penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa. Kemajuan teknologi di era ini memberikan dampak besar pada semua aspek kehidupan, termasuk perkembangan teknologi media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan lebih banyak memberikan terobosan baru dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada proses pembelajaran. Guru diharuskan untuk mengembangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan atau pembelajaran antara lain pengembangan dalam ranah media pembelajaran. Guru dituntut mampu mengembangkan media pembelajaran, baik media yang sudah ada maupun media yang belum tersedia. Seiring dengan itu, diperlukan adanya trainer sebagai media pembelajaran dalam diskusi mengenai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan trainer instalasi PLTS yang dikembangkan oleh peneliti. SMKN 2 Pamekasan, tepatnya kelas XI TITL tahun pelajaran 2023/2024 menjadi subjek pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Eksperimen yang diterapkan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test Post-test. Hasil kevalidan trainer ini sangat valid dengan rating 98,61%, kepraktisannya sangat baik dengan rating 86,11%, dan keefektifannya ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil belajar akhir sebesar 89,38 dengan kategori sangat efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

