EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA

Authors

  • Rico Firman Syah Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto

Keywords:

google sites, media pembelajaran, ADDIE, efektifitas pembelajaran

Abstract

Integrasi media pembelajaran seperti Google Sites sangat penting dalam era digital. Platform pembelajaran yang menggunakan Google Sites ini dibuat untuk mengukur efektivitas hasil belajar siswa. Studi ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D), mengikuti model ADDIE yang mencakup lima fase: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Google Sites, produk dari Google, memfasilitasi pembuatan situs web dengan mudah dan Gabungan dari fitur-fitur seperti Google Docs, Sheets, Forms, Calendar, Awesome Table, dan lainnya untuk meningkatkan proses pembelajaran..Validasi aspek media dan materi menunjukkan tingkat kevalidan masing-masing 0,85 dan 0,87.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat validasi aspek media mendapat skor 0,85, dan aspek materi mendapat skor 0,87. Rata-rata 0,86 masuk dalam kategori validitas tinggi, sehingga media ajar Google Sites dapat digunakan untuk pembelajaran Elemen Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 7 Surabaya (2) Kepraktisan media pembelajaran Google Sites dinilai dari respon siswa dengan rata-rata kepraktisan 89,92%, termasuk kategori sangat baik/sangat praktis. Media pembelajaran modul sistem gardan mendapat respon positif dari siswa kelas XI TITL SMKN 7 Surabaya. (3) ampak positif Google Sites sebagai platform media terbuka tercermin dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dari KKM (75). Dari 37 siswa, pada pre-test sebanyak 33 siswa mendapat nilai di bawah 75 dengan total nilai 2294 dan rata-rata 62. Pada post-test, 35 siswa mendapat nilai di atas 75 dengan total nilai 3263 dan rata-rata 88,19. Nilai hasil belajar siswa meningkat. Uji N-gain menunjukkan skor minimum 0,33 dan maksimum 0,96, dengan rata-rata peningkatan 0,74 (74,88%), kategori tinggi. Artinya, media ajar Google Sites sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-16

How to Cite

Syah, R. F., Rusimamto, P. W., Sumbawati, M. S., & Rijanto, T. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(02), 97–103. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/62418
Abstract views: 268 , PDF Downloads: 219