PENGARUH METACOGNITION TERHADAP EMPLOYABILITY SKILLS SISWA KELAS XI TITL SMKN 2 SURABAYA

Authors

  • Moch Orindra Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Joko Joko Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

metacognition, employability, regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metakognisi terhadap kemampuan kerja siswa di bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metakognisi, sebagai aspek kecerdasan kognitif, sebagai faktor kunci yang mungkin memengaruhi keahlian kerja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan melibatkan siswa teknik instalasi tenaga listrik sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian yang terfokus pada evaluasi metakognisi dan mengukur employability skills siswa. Analisis statistik yang mendalam, termasuk regresi, akan dilakukan untuk menentukan sejauh mana pengaruh metakognisi terhadap employability skills siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kerja siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dengan implikasi untuk pengembangan kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diketahui nilai signifikan pada uji Kolmogorov-smirnov metacognition menunjukkan hasil signifikan 0,89 > 0,05. Nilai signifikan pada uji Kolmogorov- smirnov employability skills menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Pada pengujian liniearitas didapatkan nilai Deviviaton from Liniearity Sig. adalah 0,729 > 0,05 sehingga terdapat hubungan linier yang signifikan antara variabel metacognition dengan variabel employability skills. Pada uji regresi linier bahwa metacognition mempengaruhi employability skills secara positif dengan signifikan sebesar 0.000 yang berarti bahwa nilai ini < 0,05 dengan pengaruh sebesar 73,5%. hubungan metacognition memberikan pengaruh terhadap employability skills siswa. Dengan hal ini, siswa yang memiliki metacognition yang tinggi akan memiliki tingkat employability skills yang tinggi sehingga siswa akan siap dalam menghadapi dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-15

How to Cite

Setiawan, M. O., Wrahatnolo, T., Joko, J., & Achmad, F. (2024). PENGARUH METACOGNITION TERHADAP EMPLOYABILITY SKILLS SISWA KELAS XI TITL SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(02), 73–77. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/62429

Issue

Section

Vol 14 No 02 (JPTE Agustus 2025)
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 23