Pengaruh Stratgei Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya

  • Tamimatun Niami . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menggunakan strategi inkuiri pada standar kompetensi menerapkan dasar- dasar elektronika. Penelitian ini juga untuk mengetahui seberapa aktif siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, yakni quasi eksperimen design ( the matching only posttest control group design). Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi inkuiri, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan conducting strategy. Dari penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan conducting strategy. Perolehan t hitung sebesar 13,620 dan ttabel = 1,68 sehingga thitung > ttabel. Kelas yang menggunakan stratgei inkuiri dikategorikan aktif dengan prosentase aktivitas siswa sebesar 86,67%.

Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, aktivitas siswa, dasar- dasar elektonika.

 

Abstract

This research aim to improve student learning outcomes through the use of learning strategies of inquiry on the competency standards applying to basics electronics. This study is considered to know how the active students in learning processes that use a strategy of inquiry learning.

The method used is experiment research method, namely quasi experiment (the matching only posttest control group design). Experiments class using STAD cooperative learning model with inquiry learning strategy, while for the control class using STAD cooperative learning model with conducting strategy. From research done shows that learning outcomes of students who use the strategy of inquiry learning is better than learning outcomes of students who use the conducting strategy. Obtain ttest of 13.620 and ttable = 1.68 so it is said ttest > ttable. Class who use the strategy of inquiry are categorized active with a percentage of 86.67%.

Key Word: learning strategies of inquiry, activities of students, basics electronics.


 

Author Biographies

Tamimatun Niami ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2013-09-01
How to Cite
., T., & Pramukantoro, J. (2013). Pengaruh Stratgei Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 7